Karyawan mencoba memasukan limbah plastik yang dihancurkan kedalam mesin Ecoparty yang digelar dalam pameran di Jakarta, Sabtu (02/03/2013). Mesin asal negeri Sakura tersebut mampu berubah dari limbah plastik menjadi minyak dan generator listrik, rencananya mesin itu akan diperkenalkan berkeliling mengunjungi ke sekolah-sekolah di Indonesia.
pohon itu jantung kedua kita karena itu ayo lindungi pohon kita jika kamu ingin melindungi jantung utamamu
Rabu, 20 Maret 2013
4 Langkah Mudah Terapkan Teknologi Ramah Lingkungan
Isu lingkungan hidup menjadi perhatian utama dari negara-negara besar di dunia sejak beberapa dekade terakhir. Alat-alat teknologi yang diproduksi pun kini sudah mulai memperhitungkan dampak lingkungan yang akan dihasilkan sehingga para produsen dan peneliti berlomba-lomba untuk membuat alat teknologi yang ramah lingkungan.
Masalah lingkungan hidup terasa semakin berat ketika kita berhadapan dengan kemajuan teknologi yang diiringi perilaku konsumtif dari sebagian masyarakat.
Kita bisa lihat bagaimana cepatnya perkembangan ponsel, notebook dan netbook di pasaran. Dalam waktu yang singkat kita bisa melihat beragam model terbaru dengan menawarkan fitur-fitur terkini.
Lalu jika pasar dibanjiri oleh produk-produk baru, bagaimana dengan nasib ponsel, notebook dan netbook yang lama?
Sebagian dari kita mungkin akan membuangnya begitu saja dan perilaku seperti itulah yang menjadi masalah baru dalam upaya melestarikan lingkungan hidup.
Ada banyak cara bagi kita untuk melestarikan lingkungan hidup dan empat tips di bawah ini dapat diterapkan karena selain ikut membantu melestarikan lingkungan juga bisa menghemat pengeluaran.
1. Hentikan men-chass secara berlebihan baterai laptop kita
Lepaskan baterai laptop ketika laptop sudah tidak digunakan karena meskipun laptop dalam keadaan mati namun baterainya akan tetap menyedot daya listrik sehingga dapat berakibat mengurangi usia baterai laptop.
2. 'Dayagunakan' lagi komputer-komputer lama
Semakin baru sebuah sistem operasi maka akan semakin membutuhkan spek komputer yang juga semakin tinggi. Jika kita memiliki komputer lama yang speknya belum cukup kuat untuk sistem operasi seperti Windows Vista atau Windows 7 maka cobalah untuk menggunakan sistem operasi yang lebih ringan seperti Linux. Dijamin hal itu dapat menghemat uang anda.
3. Bayar tagihan kita secara online
Dengan segala kemudahan di zaman sekarang ini kita dapat membayar segala macam tagihan secara online. Mulai dari tagihan listrik, telepon, kartu kredit dll sudah dapat kita bayarkan secara online tanpa harus ribet-ribet mendatangi tempatnya langsung, ikut mengantri dan menerima kertas struk bukti pembayaran.
4. Pindah ke baterai yang bisa diisi ulang
Mainan anak-anak, game controller, kamera digital dan barang-barang elektronik lainnya menggunakan baterai yang boleh disebut cukup boros. Kita bisa mengganti baterainya dengan menggunakan baterai yang bisa diisi ulang karena selain dapat melestarikan lingkungan juga sekaligus dapat menekan pengeluaran kita.
sumber http://www.greenradio.fm/green-living/smart-living/852-4-langkah-mudah-terapkan-teknologi-ramah-lingkungan-
SEPATU RAMAH LINGKUNGAN
(allmediany.com)
Liputan6.com, Roma: Gucci meluncurkan sepatu ramah lingkungan. Rumah mode asal Italia itu memproduksi sepatu khusu pria dan wanita dengan bahan-bahan yang ramah lingkungan.
"Pembuatan sepatu Gucci berasal dari plastik biodegradable, plastik organik," ungkap Frida Giannini, Direktur Divisi Kreasi Gucci. Ia menambahakan, meski ramah lingkungan, model sepatu Gucci tersebut tetap modis dan keren.
Salah satunya adalah sepatu model ballerina yang tersedia dalam warna kecoklatan, pink, dan hitam. Selain itu, sepatu prianya terbuat dari kulit anak sapi. Jangan lupakan sentuhan terakhir, logo Gucci yang menambah kesan mewah pada produk ramah lingkungan tersebut.(contactmusic/ADO)
sumber http://showbiz.liputan6.com/read/407638/gucci-luncurkan-sepatu-ramah-lingkungan
Selasa, 19 Maret 2013
LG Telah Meluncurkan TV Baru Jenis OLED
TV generasi terbaru keluaran LG telah diluncurkan. LG, salah satu produsen elektronik terbesar di dunia, mengeluarkan seri TV terbaru yang lebih canggih dan keren dibandingkan seri TV sebelumnya. TV tersebut adalah jenis OLED. OLED itu sendiri merupakan singkatan dari Organic Light-Emitting Diode. Komponen ini membuat TV OLED tersebut menjadi ramah lingkungan dengan penggunaan energi yang lebih efisien dibandingkan seri LCD sebelumnya. Disebut-sebut bahwa layar OLED ini sebagai penerus suksesnya layar LCD TV. Teknologi yang digunakan pada TV OLED ini memungkinkan tampilan layar yang lebih bagus, serta dapat dibuat menjadi TV yang lebih tipis dibandingkan layar TV Kompetitor lainnya. Sebenarnya, pada tahun 2012 lalu, Samsung dan LG sama-sama mengumumkan tentang produk baru mereka yaitu TV OLED 55 inci (140 cm). Namun, LG-lah yang pertama kali merealisasikannya.
Dilansir dari BBC.co.uk, rencananya LG akan menjual TV OLED mereka di Korea Selatan sebagai pasar pertama yang mereka tuju, sebelum nantinya akan merambah ke pasar Eropa dan lainnya. Kabarnya, TV OLED dengan 1920 x 1080 piksel ini akan dijual dengan harga 11 juta won atau 10.300 dollar AS (sekitar 99 juta rupiah). Diharapkan pada tahun 2014 mendatang, penjualan TV OLED itu akan berkembang pesat hingga 1,7 juta menurut pengamatan Display Search (www.displaysearch.com). Namun, para pengamat mengungkapkan bahwa sebenarnya teknologi yang digunakan TV OLED ini akan lebih terjangkau jika dipasarkan pada 2015, dan peluncuran oleh LG ini lebih ke arah ingin memperkokoh diri sebagai pemimpin pasar elektronik TV. Tapi, pada kenyataannya, TV OLED dengan layar yang lebih kecil sudah menjadi serbuan massa. Dan kendala pun masih ditemui pada pembuatan TV OLED layar yang lebih besar, yaitu kendala biaya pembuatan serta keandalan. Meski demikian, TV OLED tetap menawarkan kualitas layar yang lebih kaya dan canggih, sehingga TV OLED ini akan menjadi pilihan bagi banyak orang. (yk)
Dilansir dari BBC.co.uk, rencananya LG akan menjual TV OLED mereka di Korea Selatan sebagai pasar pertama yang mereka tuju, sebelum nantinya akan merambah ke pasar Eropa dan lainnya. Kabarnya, TV OLED dengan 1920 x 1080 piksel ini akan dijual dengan harga 11 juta won atau 10.300 dollar AS (sekitar 99 juta rupiah). Diharapkan pada tahun 2014 mendatang, penjualan TV OLED itu akan berkembang pesat hingga 1,7 juta menurut pengamatan Display Search (www.displaysearch.com). Namun, para pengamat mengungkapkan bahwa sebenarnya teknologi yang digunakan TV OLED ini akan lebih terjangkau jika dipasarkan pada 2015, dan peluncuran oleh LG ini lebih ke arah ingin memperkokoh diri sebagai pemimpin pasar elektronik TV. Tapi, pada kenyataannya, TV OLED dengan layar yang lebih kecil sudah menjadi serbuan massa. Dan kendala pun masih ditemui pada pembuatan TV OLED layar yang lebih besar, yaitu kendala biaya pembuatan serta keandalan. Meski demikian, TV OLED tetap menawarkan kualitas layar yang lebih kaya dan canggih, sehingga TV OLED ini akan menjadi pilihan bagi banyak orang. (yk)
Copyright © CiriCara.com
Perencanaan Hutan Kota
1. Perencanaan
Dalam studi kajian perencanaan aspek yang diteliti meliputi : lokasi, fungsi dan pemanfaatan, aspek tehnik silvikultur, arsitektur lansekap, sarana dan prasarana, tehnik pengelolaan lingkungan. Bahan informasi yang dibutuhkan dalam studi meliputi :
- Data fisik (letak, wilayah, tanah, iklim dan lain-lain);
- Sosial ekonomi (aktivitas di wilayah bersangkutan dan kondisinya);
- Keadaan lingkungan (lokasi dan sekitarnya);
- Rencana pembangunan wilayah (RUTR,RTK,RTH), serta
- Bahan-bahan penunjang lainnya.
Hasil studi berupa Rencana Pembangunan Hutan Kota yang terdiri dari tiga bagian, yakni:
- Rencana jangka panjang, yang memuat gambaran tentang hutan kota yang dibangun, serta target dan tahapan pelaksanaannya.
- Rencana detail yang memuat desain fisik atau rancang bangun untuk masing- masing komponen fisik hutan kota yang hendak dibangun serta tata letaknya.
- Rencana tahun pertama kegiatan, meliputi rencana fisik dan biayanya.
2. Kelembagaan dan Organisasi Pelaksanaannya
Organisasi pembangunan dan pengelolaan hutan kota sangat bergantung kepada perangkat yang ada dan keperluannya. Sistem pengorganisasian di suatu daerah mungkin berbeda dengan daerah lainnya. Salah satu bentuk pengorganisasiannya pembangunan dan pengelolaan hutan adalah seperti tercantum pada Gambar 2. Walikota atau Bupati sebagai kepala wilayah bertanggung jawab atas pembangunan dan pengembangan hutan kota di wilayahnya. Bidang perencanaan dan pengendalian dipegang oleh Bappeda Tingkat II yang dibantu oleh tim pembina yang terdiri dari Kanwil Departemen Kehutanan, Kanwil Departemen Pertanian dan Perkebunan, Kanwil Departemen Pekerjaan Umum, Kanwil Departemen Kesehatan, Biro Kependudukan dan Lingkungan Hidup dan yang lainnya menurut kebutuhan masing- masing kota atau daerah. Untuk pelaksanaannya dapat ditunjuk dinas-dinas yang berada di wilayahnya.
Pengelolaan hutan kota pada areal yang dibebani hak milik diserahkan kepada pemiliknya, namun dalam pelaksanaannya harus memperhatikan petunjuk dari bidang perencanaan dan pengendalian. Guna memperlancar pelaksanaannya kiranya perlu dipikirkan jasa atau imbalan apa yang dapat diberikan oleh pemerintah kepada yang bersangkutan.
3. Pemilihan Jenis
Guna mendapatkan keberhasilan dalam mencapai tujuan pengelolaan lingkungan hidup di perkotaan, jenis yang ditanam dalam program pembangunan dan pengembangan hutan kota hendaknya dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan dengan tujuan agar tanaman dapat tumbuh baik dan tanaman tersebut dapat menanggulangi masalah lingkungan yang muncul di tempat itu dengan baik.
Untuk mendapat hasil pertumbuhan tanaman serta manfaat hutan kota yang maksimal, beberapa informasi yang perlu diperhatikan dan dikumpulkan antara lain:
1. Persyaratan edaphis: pH, jenis tanah, tekstur, altitude,salinitas dan lain-lain.
2. Persyaratan meteorologis: suhu, kelembaban udara, kecepatan angin, radiasi matahari.
3. Persyaratan silvikultur: kemudahan dalam hal penyediaan benih dan bibit dan kemudahan dalam tingkat pemeliharaan.
4. Persyaratan umum tanaman:
- Tahan terhadap hama dan penyakit,
- Cepat tumbuh,
- Kelengkapan jenis dan penyebaran jenis,
- Mempunyai umur yang panjang,
- Mempunyai bentuk yang indah,
- Ketika dewasa sesuai dengan ruang yang ada,
- Kompatibel dengan tanaman lain,
- Serbuk sarinya tidak bersifat alergis,
5. Persyaratan untuk pohon peneduh jalan:
- Mudah tumbuh pada tanah yang padat,
- Tidak mempunyai akar yang besar di permukaan tanah,
- Tanah terhadap hembusan angin yang kuat,
- Dahan dan ranting tidak mudah patah,
- Pohon tidak mudah tumbang,
- Buah tidak terlalu besar,
- Serasah yang dihasilkan sedikit,
- Tahan terhadap pencemar dari kendaraan bermotor dan industri,
- Luka akibat benturan mobil mudah sembuh,
- Cukup teduh, tetapi tidak terlalu gelap,
- Kompatibel dengan tanaman lain,
- Daun, bunga, buah, batang dan percabangannya secara keseluruhan indah,
Beberapa metoda yang dapat dipergunakan untuk menebang pohon adalah :
a. Tumpangan (Toping)
Cara ini sangat biasa dipakai untuk menebang kayu di hutan. Penebang (belandong) pertama-tama akan menentukan arah rebah. Takik rebah dan takik balas dibuat baik dengan gergaji maupun dengan kapak. Cara ini hanya dapat dilakukan di daerah yang luas dan jauh dari jalan raya, pemukiman, jalur listrik, telepon dan lain-lain.
b. Penggalan (Sectioning)
Pemanjat pohon yang telah dilengkapi dengan tali pengaman yang dikaitkan ke tubuhnya kemudian memanjat pohon. Pemanjat menuju cabang pertama kemudian memotong dengan gergaji mesin atau kapak dan memotong cabang tersebut. Kemudian naik lagi dan memotong cabang yang lain dengan cara bersandar pada cabang lain yang aman. Demikian selanjutnya, pekerjaan diteruskan sampai ke atas. Pada saat tersebut, orang yang berada di tanah memotong-motong cabang dan ranting yang baru jatuh.
Setelah cabang-cabang terpotong, orang yang berada di bawah mulai membereskan cabang-cabang tersebut. Kemudian pemanjat turun dan pekerjaannya digantikan oleh yang lain untuk memenggal pohon bagian demi bagian yang dimulai dari bagian atas.
Bila pohon yang hendak ditebang memiliki dahan yang panjang, melintang di atas rumah, pagar, tanaman berharga dan kabel listrik, maka salah satu cara adalah dengan menggunakan tali.
Pengikatan, pemotongan dan penurunan, bagian demi bagian, walaupun ketinggalan jaman, tetapi kadang-kadang merupakan jalan yang terbaik.
c. High-lining
Cara lain yang menarik adalah high-lining. Jika pohon yang akan dipotong dikelilingi oleh benda-benda berharga yang tidak dapat disingkirkan, maka cabang dapat dipotong bagian demi bagian dan dijatuh-arahkan ke sasaran yang diinginkan. Cara ini dapat dilakukan dengan jalan menambatkan salah satu ujung tambang yang kuat pada pohon dan ujung lain di lokasi sasaran yang menjadi tempat jatuhnya bagian-bagian pohon. Tambang tersebut diusahakan mempunyai sudut kemiringan yang cukup. Tidak terlalu tajam, agar bagian pohon tidak meluncur dengan kecepatan yang sangat tinggi, namun sebaliknya tidak terlalu landai. Jika sudut kemiringan tambang terlalu landai, maka jatuhnya dahan tersebut mungkin akan terganggu, bahkan terhenti selain itu membutuhkan areal yang lebih jauh. Operasi pemindahan potongan cabang pohon ini berdasarkan gaya gravitasi. Dengan cara ini semua cabang dapat dipindahkan ke tempat lain dengan aman. Penebangan pohon dilakukan seperti pada cara penggalan.
d. Potong bawah (Bottoming)
Penebangan dengan cara menumbangkannya serta pembagian batang bagian demi bagian dari ujung sampai ke pangkal merupakan dua cara standar dalam penebangan pohon. Cara lainnya yang jarang ditemui adalah potong bawah (bottoming). Cara ini merupakan kebalikan dari cara yang telah dijelaskan terlebih dahulu (Haller, 1986).
Teknik ini hanya dapat dilakukan bila ada satu atau lebih pohon lain yang berukuran sama atau lebih besar di dekat pohon yang akan ditebang. Dalam cara ini, tali diikatkan di sekeliling tajuk pohon yang akan ditebang ke pohon yang tidak ditebang. Pohon yang telah diikat dengan tali di sekitar puncaknya kemudian bagian pangkalnya digergaji. Bagian pangkal/bawah dari pohon dipotong dengan posisi tetap berdiri. Panjang bagian batang yang dipotong sesuai dengan yang dikehendaki. Setelah pemotongan pohon diturunkan dengan cara mengulurkan tali sambil menjaga agar batang tetap tegak, kemudian sedikit demi sedikit pohon dipotong lagi. Demikian seterusnya sampai pohon habis terpotong.
Sumber: Departemen Kehutanan Republik Indonesia,http://perencanaankota.blogspot.com/2009/05/tahap-pembangunan-hutan-kota.html
Honda: Ramah lingkungan lewat teknologi IMA
Kalau saja ujung knalpot berada di depan mobil, tentu orang akan tersadar betapa polusi yang dihasilkan mobilnya amat mengganggu. Kadang kita memang lupa dan lebih senang membicarakan gas buang dari mobil yang melaju di depan tanpa menyadari mobil kita juga memberi andil dalam pencemaran lingkungan.
Mobil dan pencemaran seakan tak terpisahkan. Begitu pun dengan tingkat pencemaran lingkungan di Tanah Air yang hampir sebagian besar disebabkan oleh kendaraan. Apalagi di kota-kota besar yang memiliki tingkat mobilitas kendaraan tinggi.
Nah, untuk mengetahui seberapa jauh langkah produsen mobil mempersiapkan produk ramah lingkungannya, mari kita simak yang telah dilakukan produsen otomotif, salah satunya Honda, melalui teknologi Integrated Motor Assist (IMA) yang telah diakui Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Penemuan Inggris sebagai mesin ramah lingkungan.
Secara teknis, mesin IMA bekerja memanfaatkan mesin bensin dan generator listrik. Kedua mesin pemicu penggerak ini dapat bekerja secara silih berganti bergantung kondisi. Saat melaju awal, mobil bergerak menggunakan mesin bensin. Pergerakan mobil secara metodis kemudian memacu generator untuk memproduksi listrik.
Sejak bergerak pertama, peran mesin bensin bisa langsung digantikan listrik. Dan ini terus dilakukan kendati mobil berhenti. Hebatnya lagi, ketika melalui jalan menurun, generator diberi kesempatan untuk menambah power listrik ke baterai 12 volt-nya. Metode ini bekerja secara simultan dan terus menerus.
Honda pertama kali mencoba mesin IMA pada Honda Insight. Honda mengklaim bahwa produknya tersebut mengeluarkan level karbon monoksida paling rendah. Lewat sistem ini, wajar bila Honda menyatakan produknya irit BBM serta tetap memiliki performa layaknya mobil mesin konvensional.
(kpl/tr/abe)
Sumber: Otosia.com, http://www.merdeka.com/otomotif/video-honda-ramah-lingkungan-lewat-teknologi-ima.html
KAPAL TENAGA SURYA
TÛRANOR, kapal bertenaga surya terbesar di dunia telah melakukan pelayaran hampir ke setiap sudut dunia, dan baru-baru ini merapat di pelabuhan Hong Kong dalam rangkaian tur dunianya. Didesain di Swiss, kapal buatan Jerman ini didukung oleh lebih dari 5.380 kaki persegi panel surya, dan berharap dapat menginspirasi industri perkapalan dalam urusan penghemata bahan bakar dengan mempromosikan energi yang terbarukan (renewable energy).
Dek dari TÛRANOR dilapisi dengan lebih dari 5.380 meter persegi panel surya yang membentang bahkan melebihi di setiap sisi kapal. Panjangnya sekitar 101 kaki dan lebar 49 kaki, TÛRANOR nyaman untuk mengangkut 50 penumpang ke pelabuhan mana saja yang diinginkan. Sejak berangkat dari Monaco pada 27 September 2010, kapal ini telah mengelilingi dunia, dari Miami ke Terusan Panama, ke Filipina dan sekarang Hong Kong.
Panel suryanya menghabiskan biaya sekitar $ 26 juta. Hal ini mungkin tampak mahal, namun ketergantungan hanya pada tenaga surya membuat kapal sangat diuntungkan secara eksponensial. Panel surya di TÛRANOR bertenaga dua motor listrik, yang dapat dipacu hingga kecepatan 15 mil per jam. Dikombinasikan dengan sumber-sumber terbarukan lainnya (angin) ia bisa bergerak lebih cepat. Panel tersebut juga dapat menyerap energi yang cukup disimpan untuk daya perahu di cuaca mendung selama tiga hari penuh. Kelebihan energi yang ada disimpan dalam baterai lithium-ion raksasa.
Pembuat TÛRANOR sangat menyadari bahwa industri pelayaran sendiri bertanggung jawab atas 4,5% dari emisi gas rumah kaca dunia. Tur dunianya berharap untuk mencerahkan orang di seluruh dunia mengenai kemampuan yang sebenarnya dari tenaga surya, bahwa kapal komersial dengan energi terbarukan tidak hanya sepenuhnya mungkin direalisasikan, tapi kemampuannya juga sangat menjanjikan.
sumber http://unik-qu.blogspot.com/2011/08/kapal-ramah-lingkungan-dengan-tenaga.html
Hijaunya Bumi Ini Untuk Hidup Kita: MANFAAT PENGHIJAUAN
Hijaunya Bumi Ini Untuk Hidup Kita: MANFAAT PENGHIJAUAN: Permasalahan lingkungan hidup saat ini sangat kompleks. Permasalahan tidak terbatas pada kondisi sosialnya, namun juga pada komponen lingk...
Hijaunya Bumi Ini Untuk Hidup Kita: 5 KOTA TERHIJAU DI DUNIA SOB
Hijaunya Bumi Ini Untuk Hidup Kita: 5 KOTA TERHIJAU DI DUNIA SOB: Perubahan iklim menjadi hal baru yang sekarang sedang diperdebatkan. demi menjaga kelangsungan bumi sebagai sebuah planet yang ditinggali ma...
Hijaunya Bumi Ini Untuk Hidup Kita: Kantong Plastik Ramah Lingkungan (Biobag)
Hijaunya Bumi Ini Untuk Hidup Kita: Kantong Plastik Ramah Lingkungan (Biobag): www.pantonanews.com Biobag merupakan kantong plastik ramah lingkungan yang bahan bakunya berasal dari kulit jagung dan dapat te...
Hijaunya Bumi Ini Untuk Hidup Kita: BATERAI RAMAH LINGKUNGAN
Hijaunya Bumi Ini Untuk Hidup Kita: BATERAI RAMAH LINGKUNGAN: Getah tanaman alami berwarna merah ternyata bisa digunakan sebagai bahan baterai lithium-ion, berkelanjutan, ramah lingkungan, dan lai...
Hijaunya Bumi Ini Untuk Hidup Kita: SEPEDA MOTOR BERTENAGA KOTORAN DIRILIS DI JEPANG
Hijaunya Bumi Ini Untuk Hidup Kita: SEPEDA MOTOR BERTENAGA KOTORAN DIRILIS DI JEPANG: Sepeda Motor Bertenaga Kotoran Dirilis di Jepang Sepeda motor bertenaga limbah. (sumber: Metro.) Sebuah sepeda motor ...
SEPEDA MOTOR BERTENAGA KOTORAN DIRILIS DI JEPANG
Sepeda Motor Bertenaga Kotoran Dirilis di Jepang
Sebuah sepeda motor ramah lingkungan ini diluncurkan minggu ini.
Dibuat oleh pembuat toilet terkemuka Jepang TOTO, sepeda hemat energi ini tentu memenuhi permintaan industri motor untuk kendaraan yang lebih ramah lingkungan.
Pembicaraan untuk mengubah proyek ambisius ini menjadi kenyataan telah berlangsung sejak tahun 2009, dengan versi terbaru dari Neo Toilet Bike membuat debut di showroom s di Fujisawa, dekat Tokyo, beberapa waktu lalu.
Sepeda motor roda tiga ramah lingkungan 250cc ini memiliki kursi berbentuk toilet yang berjalan dengan bahan bakar dari pembuangan ternak atau air limbah.
Meskipun kursinya eye catching, TOTO sangat ingin menunjukkan bahwa sepeda motor tidak benar-benar berjalan dengan limbah pengendara.
Neo Toilet Bike tidak memiliki mekanisme untuk berjalan dengan limbah pengendara," jelas perwakilan perusahaan dalam sebuah posting di blognya.
"Ini berjalan dengan bahan bakar biogas (limbah ternak dan limbah rumah tangga) yang disediakan kota Shika-oi di Hokkaido dan Kobe.
"Oleh karena itu, kursi sepeda motornya tidak berfungsi sebagai toilet, hanya saja telah diciptakan untuk mempromosikan upaya lingkungan hidup oleh TOTO."
"TOTO telah mendirikan proyek untuk memberitahu semua orang tentang apa yang telah kita lakukan di masa lalu, dan apa yang akan kita lakukan di masa depan."
sumber http://www.beritasatu.com/iptek/68321-sepeda-motor-bertenaga-kotoran-dirilis-di-jepang.html
BATERAI RAMAH LINGKUNGAN
Getah tanaman alami berwarna merah ternyata bisa digunakan sebagai bahan baterai lithium-ion, berkelanjutan, ramah lingkungan, dan lain-lain, demikian pernyataan peneliti.
Getah yang sedang diselidiki oleh peneliti untuk penggunaan dalam baterai berasal dari bagian akar tanaman merambat yang dikenal sebagai tumbuhan madder. Masyarakat kuno di sejumlah peradaban di Asia dan Timur Tengah merebus akar madder ini lebih dari 3.500 tahun lalu untuk mengambil ekstrak purpurin, suatu jenis getah tidak beracun yang mereka gunakan untuk mewarnai kain dengan warna oranye, merah dan merah muda yang menyala.
“Ini menandai pergeseran paradigma. Selama 3000 tahun terakhir, kami telah menggunakan purpurin sebagai bahan pewarna. Kami tidak pernah berpikir zat ini bisa digunakan dalam penyimpanan energi,” peneliti George John, seorang pakar kimia organik di City College of New York, seperti dilansir dari TechNewsDaily. “Ini tentunya menjadi kabar baik bagi kami dan mungkin generasi mendatang”.
Batrerai lithium-ion ini bisa digunakan untuk menghidupkan perangkat bergerak dan mobil listrik yang sumber tenaganya bisa diisi ulang. Mayoritas baterai lithium-ion mengandalkan kobalt sebagai unsur utama dalam elektroda yang aliran listrik yang melewati.
“Tiga puluh persen kobalt yang dihasilkan di dunia dihabiskan untuk industri baterai,” kata peneliti Arava Leela Mohana Reddy, ilmuwan material di Rice University.
Sayangnya, kobalt mahal dan persediaannya makin menipis. Proses pembuatan dan pendaurulangan baterai lithium-ion yang berbahan kobalt juga menuntut suhu yang tinggi dan konsumsi energi yang besar. Di tahun 2010, hampir 10 miliar baterai lithium-ion harus didaur ulang , kata Reddy.
Getah tanaman ini dapat dpergunakan sebagai pengganti kobalt yang memerlukan suhu tinggi utnuk diolah dan menghabiskan energi banyak. Peneliti menemukan bahwa mereka bisa membuat purpurin menjadi elektroda hanya dalam beberapa langkah mudah di suhu ruangan. Prosesnya juga lebih sedikit menghasilkan emisi karbon dan yang terpenting bahan ini alami dan tidak memiliki potensi racun bagi lingkungan hidup, berbeda dari kobalt. (LS/*AP)
sumber http://www.ciputraentrepreneurship.com/teknologi/21914-baterai-ramah-lingkungan-dari-getah-tanaman.html
Kantong Plastik Ramah Lingkungan (Biobag)
Biobag merupakan kantong plastik ramah lingkungan yang bahan bakunya berasal dari kulit jagung dan dapat terurai di tanah dengan sendirinya.
Di Indonesia biobag pertama kali dikenalkan oleh PT Ecotech Indopratama pada akhir 2006. Menurut Mutaza Sarbini, Direktur Pelaksana Ecotech, seperti dikutip situs Radio Singapore International “Rahasia biobag terletak pada bahan baku yaitu terbuat dari kulit jagung yang disebut mates-bi” (Wikimu.com).
Biobag tidak ubahnya dengan kantong plastik lain hanya saja terbuat dari bahan alami berupa kulit jagung sehingga mudah terurai di tanah. Biobag juga cocok digunakan sebagai pembungkus daging atau ikan sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Dengan tekstur yang dimilikinya, ikan atau daging yang dibungkus biobag mampu disimpan selama dua bulan di dalam lemari pendingin, dan tidak akan lengket pada saat pencairan.
Biobag mampu meredam bau dari sampah organik. Jika digunakan sebagai kantong sampah pori-pori biobag dapat mengatur sirkulasi udara di dalamnya, membuat biobag tidak mudah berembun sehingga dapat menekan pertumbuhan jamur. Bobot sampah organik yang disimpan juga akan menyusut hingga lima puluh persen.
Keunggulan lain dari biobag adalah jika dibuang di tempat pembuangan sampah atau dipendam di dalam tanah mampu terurai secara alami hanya dalam waktu sepuluh sampai empat puluh lima hari (BiobagUSA.com).
Biobag merupakan salah satu alternatif bagi industri retail yang banyak menggunakan kantong plastik. Alfamart contohnya, per satu Juli 2009 kemarin mengampanyekan penghematan struk belanja dan mulai menggunakan kantong plastik ramah lingkungan untuk setiap kantong belanjanya. Dengan cara ini masyarakat diajak bersama-sama untuk peduli terhadap lingkungan.
Ini merupakan solusi yang bagus dan akan lebih baik seandainya dibarengi dengan peningkatan pemahaman masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong belanja plastik, karena bagaimanapun juga biobag hanya mampu mengatasi sedikit permasalah pencemaran lingkungan tapi tidak kepada sumbernya, yaitu manusia sendiri.
Alih-alih plastik ramah lingkungan, seorang teman pernah berkata kepada saya “Nih lihat!” sambil menunjukkan plastik yang dipegangnya ia mendiktekan tulisan yang tertera pada plastik tersebut “Plastik ini akan hancur dengan sendirinya!”. Teman saya ini adalah pelanggan setia Alfamart, dalam setiap istirahat siang ia pasti akan mampir berbelanja dan membawa paling sedikit dua kantong plastik ukuran sedang dan itu berlangsung terus setiap hari.
Dalam konteks ini, permasalahan kantong plastik bukan dari bahan apa ia dibuat, tapi untuk apa ia digunakan . Jika hanya sebagai kantong belanja dan setelah itu terbuang percuma maka bukan tidak mungkin penumpukan sampah biobag akan terjadi sebentar lagi, melihat volume sampah yang dihasilkan oleh kota Jakarta sangat besar yaitu 6,7 ton per hariatau setara dengan 28.000 meter kubik dan 52,97 persennya berasal dari rumah tangga.
Penggunaan kantong plastik dapat diterapkan untuk keperluan lain yang sangat membutuhkan pengemasan agar tidak terkontaminasi atau membahayakan keselamatan, dan kesehatan orang banyak seperti, untuk membungkus sampah rumah tangga, pupuk, arang sekam, detergen, obat kimia, dan lainnya.
Untuk berbelanja keperluan harian, tas kain merupakan solusi yang paling bijak karena dapat dipakai berulang-ulang sehingga tidak menambah sampah baru, dan jika berbelanja dalam jumlah banyak, kita bisa meminta kardus bekas kepada penjaga toko atau swalayan.
Demi menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan tidak ada salahnya toh kita bersusah payah? Ada satu slogan dari BiobagUSA.com yang saya kutip di sini “Changing the World Without Changing the Earth ” dan yakin kita BISA!
sumber/ http://cahayakharismaplasindo.com/article/60005/kantong-plastik-ramah-lingkungan.html
Transportasi Ramah Lingkungan
Sistem transportasi yang sehat dan ramah alam adalah solusi bagi mobilitas penduduk di perkotaan.
Transportasi sehat dan ramah alam adalah sistem transportasi yang bisa meningkatkan efisiensi energi, menggunakan bahan bakar bersih dan mobilitas yang ramah lingkungan dengan atau tanpa kendaraan bermotor.
Semakin efisien penggunaan energi sebuah moda transportasi, semakin rendah produksi emisinya. Semakin rendah emisi dan polusi yang dihasilkan semakin sehat lingkungan dan masyarakat yang menggunakannya.
Salah satu contoh sistem transportasi ramah lingkungan adalah kereta listrik. Kereta listrik menjadi alat transportasi modern di hampir semua kota besar dunia. Negara maju seperti Jepang dan negara-negara di Eropa sudah menggunakan sistem transportasi ini sejak puluhan tahun lalu.
Sistem transportasi sehat dan ramah lingkungan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan namun juga bagi perekonomian sebuah negara.
Di Eropa, para analis menyimpulkan, transportasi publik yang sehat dan ramah alam mampu memberi manfaat ekonomi dua kali lipat dari investasi yang dikeluarkan.
Sementara itu upaya mengurangi kandungan sulfur dalam bahan bakar transportasi di wilayah Afrika Sub-Sahara, bisa mengurangi biaya kesehatan dan biaya ekonomi lain hingga US$980 juta per tahun.
Dalam skala global, menurut Program Lingkungan PBB (UNEP), investasi sebesar 0,34% dari PDB dunia per tahun di sektor transportasi hijau selama periode 2010-2050, bisa mengurangi konsumsi minyak sebesar 80% dan menambah lapangan kerja baru sebesar 10%.
Dengan beralih ke transportasi publik, bersepeda atau berjalan kaki, kita juga bisa membantu mencegah dampak negatif pemanasan global.
Contoh paling populer adalah keberhasilan kota Curitiba mengurangi pemakaian bahan bakar hingga 30% dibanding kota-kota besar lain di Brasil.
Kesuksesan ini menginspirasi kota-kota besar lain di dunia guna mengadopsi strategi yang sama.
Di London, pajak emisi (congestion charge) – pajak yang dikenakan bagi mereka yang menggunakan mobil pribadi di lokasi dan waktu-waktu tertentu di Kota London – mampu mengurangi 70.000 perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dan 20% emisi CO2.
Pajak dan kuota kendaraan di Singapura mampu menekan pertumbuhan kepemilikan dan penggunaan kendaraan pribadi. Sementara layanan bus rapid transit system (BRT) di Bogota, Kolombia – seperti busway di Jakarta – mampu mengurangi emisi per penumpang sebesar 14%.
Keberhasilan sistem BRT ini banyak ditiru di kota-kota besar lain seperti di Lagos, Ahmadabad, Guangzhou dan di Johannesburg, Afrika Selatan.
Di Eropa, banyak kota yang kini mengikuti keberhasilan Kota Zurich, Swiss berinvestasi di sistem kereta trem sebagai tulang punggung transportasi perkotaan.
Kereta trem menjadi alternatif dari sistem kereta listrik bawah tanah yang mahal.
Penetapan standar emisi dan program berbagi tumpangan juga terbukti mampu mengurangi ketergantungan akan kendaraan pribadi.
Sementara penciptaan zona polusi beserta waktu penerapannya bisa membantu mengurangi kemacetan dan polusi udara sekaligus meningkatkan produktifitas dan kualitas hidup masyarakat kota.
Catatan Redaksi:
Artikel ini diolah dari laporan Program Lingkungan PBB (UNEP) berjudul Towards a Green Economy: Pathways to Sustainable Development and Poverty Eradication – A Synthesis for Policy Makers.
Sumber Redaksi Hijauku.com
Festival Serayu BANJARNEGARA
Festival Serayu 24 s/d 31 Agustus 2012
di Kab. Banjarnegara
Berbagai event Ditampilkan
Jadwal Selengkapnya ..... ( sumber Disbudpar)
NO
|
EVENT
|
WAKTU
|
LOKASI
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
13.
14.
|
EVENT INTI
Parade Budaya
Pesta Parak Iwak
Gelar Seni
Serayu Expo
Banjarnegara Bersholawat
Banjarnegara Hijau
EVENT PENDUKUNG
Lomba Foto
Pameran Lukisan
Pentas Musik
Fun Bike
Turnamen Golf
Lomba Blog Pariwisata
Lomba Masak serba Ikan
Gelar Film Indi
Kemah Bhakti Karang Taruna
Trabas Motor Trail
Serayu 10 Km
Lomba Dolanan Anak
Seminar Serayu
Gerak Jalan Gayeng
|
24 Agustus 2013
26 – 27 Agustus 2013
24 – 31 Agustus 2013
24 – 31 Agustus 2013
31 Agustus 2013
31 Agustus 2013
24 – 31 Agustus 2013
24 – 31 Agustus 2013
24 – 31 Agustus 2013
1 September 2013
25 Agustus 2013
24 – 31 Agustus 2013
26 Agustus 2013
24 – 31 Agustus 2013
30 – 31 Agustus 2013
31 Agustus 2013
31 Agustus 2013
27 – 28 Agustus 2013
27 Agustus 2013
29 Agustus 2013
|
Alun – alun Kota
Dieng – Pikase Kutayasa
Alun – alun Kota
Stadion Kolopaking
Alun – alun Kota
Serulingmas
Banjarnegara
Stadion Kolopaking
Taman Kuliner
Banjarnegara
Padang Golf Mrica
Banjarnegara
Serayu Adventure
Gedung Wanita
Serulingmas
Banjarnegara
Banjarnegara
Serulingmas
Politeknik
Banjarnegara
|
PARADE BUDAYA (24 Agustus 2013)
Parade Budaya ini menampilkan potensi seni, budaya dan pariwisata serta produk ekonomi kreatif yang ada di bumi Banjarnegara. Parade Budaya ini akan dikemas secara spektakuler, antik, unik dan menarik. Event ini akan digelar di sepanjang Jalan Dipayuda Banjarnegara pada 24 Agustus 2013 setelah Pembukaan Festival Serayu Banjarnegara 2013 oleh Menteri Koordinasi Bidang Ekuin Ir. Hatta Rajasa dan Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Dr. Mar’ie Elka Pangestu
PESTA PARAK IWAK (26 – 27 Agustus 2013)
Pesta Parak Iwak merupakan sebuah bentuk pengejawantahan kesadaran masyarakat di sekitar Kali Serayu khususnya masyarakat Banjarnegara yang telah merasakan betapa besar “peran” Kali Serayu sebagai nadi hidup dan berkembangnya cipta, rasa dan karsa masyarakat Banjarnegara dalam kemajuan baik ekonomi, sosial dan budaya dapat dicapai sebagaimana dirasakan sekarang ini. Perwujudan dari kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk nguri – uri, merawat dan melestarikan dan sekaligus rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Pesta Parak Iwak diawali prosesi pengambilan “Ulam Sari Tirta Nyawiji” dari telaga – telaga di Dataran Tinggi Dieng (Telaga Balekambang, Telaga Merdada, Telaga Sewiwi, Sendang Sedayu, Telaga Pengilon, Telaga Warna dan Telaga Cebong). Ulam Sari Tirta Nyawiji ditempatkan dalam bokor “Tumus Pandeleng Ing Manah” kemudian dikirab melalui Kota Batur, Wanayasa, Karangkobar, Banjarmangu dan disemayamkan di Madukara.
Hari berikutnya Ulam Sari Tirta Nyawiji dikirab ke Sungai Serayu kemudian dilarung. Gelaran Parak Iwak itu dikemas secara apik, kreasik, unik dan akrab. Para wisatawan dapat ikut kegiatan gagah iwak, makan bareng seribu tumpeng sambil menikmati hiburan seni budaya Banjarnegara.
GELAR SENI (24 – 31 Agustus 2013)
Gelar Seni Festival Serayu Banjarnegara 2013 adalah merupakan ajang hiburan kesenian rakyat yang digelar selama sepekan mulai pagi, siang hingga malam hari. Event tersebut menampilkan semua potensi seni dan budaya yang ada di bumi Banjarnegara yang diolah secara apik, menarik dan artistik yang dikemas oleh para seniman dan seniwati Banjarnegara. Kesenian rakyat tersebut digelar di Alun – alun Banjarnegara, Taman Kuliner, Stadion Kolopaking dan TRMS Serulingmas.
SERAYU EXPO (24 – 31 Agustus 2013)
Serayu Expo adalah gelaran produk ekonomi kreatif tingkat Jawa Tengah yang menampilkan hasik karya industri kreatif anak bangsa (Industri Publikasi, Industri Seni Budaya, Industri Musik dan Seni Pertunjukan, Industri Aneka Kerajinan dan Barang Seni, Industri Desain, Industri Kreatif dengan Muatan Teknologi dll. Ajang pameran tersebut dilengkapi pula dengan aneka produk UMKM, Produk pertanian, perikanan, peternakan, aneka olahan menu kuliner non beras dan bursa tenaga kerja. Di tempat expo juga ditampilkan berbagai hiburan yang dikemas cantik untuk wisatawan.
BANJARNEGARA BERSHOLAWAT (31 Agustus 2013)
Banjarnegara Bersholawat adalah merupakan event akbar spiritual berupa sholawat massal bersama Syech Habib Abdul Khadir Assegaf. Gelaran ini merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas Rahmat dan Hidayah dan Inayah yang diberikan kepada rakyat Banjarnegara sekaligus berdoa agar selalu diberikan kekuatan lahir bathin dalam mengarungi kehidupan ke depan untuk lebih baik lagi. Para wisatawan dapat ikut bergabung dalam acara Banjarnegara Bersholawat di Alun – alun Kota Banjarnegara.
BANJARNEGARA HIJAU (31 Agustus 2013)
Banjarnegara Hijau adalah merupakan event penanaman pohon di komplek TRMS Serulingmas. Event ini dikemas secara khusus menjadi paket tanam pohon massal bernuansa seni dan budaya. Sejumlah artis nasional diundang untuk meramaikan event akbar ini. Para wisatawan dapat ikut menanam pohon sambil berdendang. (GIRI)
sumber http://www.banjarnegarakab.go.id/v2/index.php/berita/pengumuman/1283-event-festival-serayu-banjarnegara-2013
Langganan:
Postingan (Atom)