Sepeda motor bertenaga limbah.
Sepeda motor bertenaga limbah. (sumber: Metro.)
Sebuah sepeda motor ramah lingkungan ini diluncurkan minggu ini.

Dibuat oleh pembuat toilet terkemuka Jepang TOTO, sepeda hemat energi ini tentu memenuhi permintaan industri motor untuk kendaraan yang lebih ramah lingkungan.

Pembicaraan untuk mengubah proyek ambisius ini menjadi kenyataan telah berlangsung sejak tahun 2009, dengan versi terbaru dari Neo Toilet Bike membuat debut di showroom s di Fujisawa, dekat Tokyo, beberapa waktu lalu.

Sepeda motor roda tiga ramah lingkungan 250cc ini memiliki kursi berbentuk toilet  yang berjalan dengan bahan bakar dari pembuangan ternak atau air limbah.

Meskipun kursinya eye catching, TOTO sangat ingin menunjukkan bahwa sepeda motor tidak benar-benar berjalan dengan limbah pengendara.

Neo Toilet Bike tidak memiliki mekanisme untuk berjalan dengan limbah pengendara," jelas perwakilan perusahaan dalam sebuah posting di blognya.

"Ini berjalan dengan bahan bakar biogas (limbah ternak dan limbah rumah tangga) yang disediakan kota Shika-oi di Hokkaido dan Kobe.

"Oleh karena itu, kursi sepeda motornya tidak berfungsi sebagai toilet, hanya saja telah diciptakan untuk mempromosikan upaya lingkungan hidup oleh TOTO."

"TOTO telah mendirikan proyek untuk memberitahu semua orang tentang apa yang telah kita lakukan di masa lalu, dan apa yang akan kita lakukan di masa depan."

sumber  http://www.beritasatu.com/iptek/68321-sepeda-motor-bertenaga-kotoran-dirilis-di-jepang.html